Perubahan Energi : Lisrik – Potensial

Posted On October 12, 2012

Filed under Uncategorized

Comments Dropped one response

Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Tenpa energi, tidak akan ada kehidupan. Setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk tetap bertahan hidup dan melakukan aktivitasnya. Energi terdapat di mana-mana. Salah satu makhluk hidup yang menggunakan energi adalah manusia. Kita menggunakan energi setiap saat untuk melakukan aktivitas kita sehari-hari. Manusia juga dapat merubah bentuk suatu energi menjadi bentuk energi lainnya sesuai dengan kebutuhan manusia itu sendiri. Contoh perubahan energi adalah perubahan energi listrik menjadi energi potensial.

Energi Listrik:

Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh manusia, karena energi listrik mudah dibangkitkan dan mudah diubah menjadi bentuk energi lain. Energi listrik berasal dari arus listrik. Dalam kehidupan sehari-hari, listrik kita gunakan untuk menghidupkan berbagai jenis barang-barang elektronik seperti lampu, televisi, kulkas dan mesin cuci. Manusia sangat membutuhkan listrik untuk melakukan aktivitasnya, tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan untuk melakukan berbagai hal.

Energi Potensial:

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena keadaan atau kedudukannya. Ada banyak jenis-jenis energi potensial yang kita ketahui. Beberapa contoh energi potensial adalah, energi potensial pegas, energi potensial listrik dan energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi biasa hanya disebut energi potensial saja, karena energi potensial gravitasi sangat banyak kita temukan dalam lingkungan sekitar kita. Contohnya adalah buah apel yang berada di atas pohon apel, jika buah apel itu jatuh, maka buah apel itu akan segara jatuh ke bawah akibat adanya pengaruh gaya gravitasi yang mengenainya.

 

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi potensial:

~ Roller Coaster merupakan salah satu contoh dari perubahan energi listrik menjadi energi potensial. Roller Coaster membutuhkan energi listrik agar bisa digerakkan. Ketika roller coaster tersebut bergerak, ia akan berada di atas permukaan tanah, sehingga kedudukannya tersebut menyebabkan roller coaster tersebut memiliki energi potensial. Perubahan besar energi potensial tersebut terjadi menurut letak roller coaster yang digerakkan oleh listrik tersebut. Semakin tinggi, maka semakin besar energi potensial yang dimiliki oleh roller coaster tersebut.

 

One Response to “Perubahan Energi : Lisrik – Potensial”

  1. sismar

    Good Job….informasinya lengkap dan mudah dipahami pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s